cara mengobati kuku rusak

kuku rusak biasanya disebabkan oleh jamur kuku. berikut beberapa percakapan dari dokter dengan pasien yang saya ambil dari berbagai media :

dokter.. mau minta saran + pengobatan yg tepat... 
udah 4 bulan kuku jempol kaki sy rusak dok... awalnya warnanya menguning terus kukunya lama2 gag lengketb dari kulit... jd ada rongga di kuku.. baunya jg gag sedap dok... ini mengganggu penampilan sy dok... :( mohon bantuannya gmna cara penyembuhannya... udah pernah aQ potong yg ada rongga.y.. tp saat tumbuh kukunya kembali menguning dan lepas dari kulit dok..

Sebaiknya diperiksakan ke dokter, karena barangkali kuku tersebut mengalami infeksi yang meluas hingga ke jaringan di bawah kuku.
Keadaan seperti ini mungkin membutuhkan ekstraksi (pengangkatan kuku) dengan operasi kecil (bisa dilakukan di klinik /polikliunik dan tidak memerlukan kamar operasi).
Demikian, semoga membantu. Terima kasih (Dr. Janfrional)

Kuku yang kuning, rusak, dan bau biasanya disebabkan infeksi jamur (onikomikosis). Infeksi jamur muncul akibat kelembaban yg tinggi pada kaki, misalnya sering mencuci dengan telanjang kaki, jarang ganti kaus kaki, dll.
Seperti penyakit jamur pada umumnya, jamur kuku dapat menular ke kuku lain, bahkan ke kuku orang lain. Karena itu hindarilah menggunakan barang yg sama seperti sepatu, kaus kaki, gunting kuku.
Cara untuk menangkal jamur kuku : pelihara kuku agar tetap pendek, kering bersih.
Jika terlanjur terkena jamur, maka dapat dilakukan pedicure sendiri, dikombinasikan dengan obat. Yang direkomendasikan adalah Griseofulvin tablet 125 mg, 4 kali sehari setelah makan selama 6-12 bulan non stop. Tapi hati-hati gangguan hati akibat konsumsi obat jangka panjang. Konsultasikan dengan spesialis kulit dan kelamin. (dr. Jeannie Merlin)